NuTalk #2 : Studi Medis

Halo sobat fisika!!

Di era modern, banyak hal telah berkembang  mulai dari teknologi, disiplin ilmu dan lain sebagainya. Sehingga sudut padandang kita terhadap suatu hal perlu juga berkembang dan lebih terbuka untuk berbagai hal baru yang akan datang. Sudut pandang kita tidak boleh lagi hanya melihat suatu hal hanya dari satu sisi saja sehingga membuat kita buta dalam menilai.

Nuklir dikenal oleh banyak orang karena berbagai aspek buruknya. Bom nuklir contohnya. Sejarah juga telah menunjukan betapa nuklir memiliki bahaya yang mengerikan bagi manusia karena dapat menimbulkan cacat dan bahkan kematian. Akan tetapi, nuklir juga sebenarnya memiliki kegunaan yang bahkan sangat berperan penting bagi sejarah manusia.

Dalam bidang kesehatan, nuklir memiliki peran yang cukup penting. Penggunaan nuklir dalam bidang kesehatan memungkinkan kita untuk mendiagnosis penyakit dalam waktu singkat dan akurat. Oleh karena itu, HIMAFI (Himpunan Mahasiwa Fisiska) bekerja sama dengan NPC (Nuclear Physics Club)  mengadakan webinar tentang nuklir di bidang kesehatan pada pertemuan NuTalk.  Pertemuan NuTalk kali ini bertemakan “Nuklir : Studi Medis Futuristik”. Event ini dilaksanakan pada tanggal 14 Juli 2021 dan dimulai dari pukul 08.00 WIB.

Event ini diikuti oleh lebih dari 150 partisipant mulai dari mahasiswa FMIPA jurusan fisika UNEJ, sampai siswa SMA, mahasiwa, dan guru di Indonesia. Event NuTalk ini diisi oleh dua pemateri yang merupakan ahli dibidang kenukliran. Pemateri pertama yaitu Dr.sc. hum. Deni Hardiansya,. S.Pd., M.Si. selaku dosen Fisika FMIPA, Universitas Indonesia. Pemateri kedua yaitu  saudara Adipurwa Musclich, S.Si. selaku kepala dinas pendidikan nuklir, BATAN.

Kami mengharpkan dengan adanya Event NuTalk kali ini. Masyarakat Indonesia khususnya para pelajar dapat memiliki minat terhadap bidang nuklir dan penerpanya di bidang kesehatan. Kepada Semua peserta, kami juga mengharapkan mendapatkan ilmu pengetahuan yang bermanfaat dan bagi kalian yang belum sempat mengikuti event ini bisa menunggu untuk event ditahun berikutnya, See you (DL)